Saturday, September 19, 2015

Tujuan,Fungsi, dan Peranan Keuangan dalam Perusahaan

PENGERTIAN KEUANGAN DAN PERUSAHAAN(ENTITAS)
Keuangan adalah ilmu dan seni dalam mengelola uang yang mempengaruhi kehidupan setiap orang dan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar, dan instrument yang terlibat dalam transfer uang diantara individu maupun antar pelaku bisnis dan pemerintah.
Perusahaan(Entitas)
Dalam arti statis, perusahaan ialah sebagai suatu kumpulan dana yang berasal dari berbagai sumber yaitu investor(yang menanamkan modalnya dalam bentuk saham), kreditor(yang meminjamkan uangnya),sumbangan(hibah), dan laba dari tahun sebelumnya di tahan.
Dalam arti dinamis, perusahaan ialah tempat dimana dana itu berubah. Dan dikenal dengan arus dana. Arus dana ini diarahkan sesuai dengan rencana entitas.

TUJUAN KEUANGAN
Tujuan keuangan adalah memaksimalkan laba atau memaksimalkan kekayaan pemegang saham. Adapun yang menjadi ukuran laba entitas adalah pendapatan per saham(PPS). Pendapatan per saham merupakan hasil yang diperoleh pada suatu periode untuk setiap saham biasa yang beredar.
Rumus : 


Semua manager dan karyawan harus bekerja keras untuk mencapai tujuan entitas yaitu memaksimalkan kekayaan pemegang saham. Salah satu yang dapat mengukur kekayaan pemegang saham dapat diukur adalah Harga Saham

FUNGSI KEUANGAN
Fungsi keuangan adalah memberikan laporan keuangan kepada pihak yang memerlukan (direktur divisi keuangan). Laporan bisa di berikan kepada :
Bendahara(Treasure) : pihak internal
Pengawas (Controller) : pihak eksternal

HUBUNGAN KEUANGAN DENGAN AKUNTANSI
Ada perbedaan dasar antara keuangan dengan akuntansi, salah satunya yaitu pada aliran kas.
Fungsi utama akuntan adalah menghasilkan dan menyediakan data untuk mengukur keadaan entitas, menetepakan posisi keuangan, dan membayar pajak.
Akuntan menggunakan metode akrual, sedangkan managemen keuangan menggunakan metode kas untuk menjaga kemampuan entitas dalam melunasi utangnya dengan cara menganalisa dan merencanakan aliran uang.
Metode akrual : mengakui pendapatan(penjualan) dan biaya(pembelian) pada saat terjadinya
Metode kas        : mengakui pendapatan hanya pada saat kas masuk(kas diterima) dan mengakui beban(pembelian) tetap saat terjadinya
Contoh : PT.Toserba menjual barang secara kredit seharga Rp.50.000.000. barang tersebut dibeli tunai pada waktu yang sama seharga Rp. 45.000.000.

Sudut pandang akuntansi(Metode Akrual)
Penjualan                            Rp. 50.000.000
Pembelian                          Rp. 45.000.000
Laba                                    Rp. 5.000.000

Sudut pandang keuangan (Metode Kas)
Kas Masuk(penjualan)   Rp. 0
Kas keluar(pembelian)  Rp. 45.000.000
Rugi                              (Rp. 45.000.000)

Penjelasan : Menurut akuntansi PT.Toserba mengalami Laba, karena pendapatan dan beban diakui saat terjadinya. Tetapi menurut keuangan PT Toserba mengalami Rugi, karena pendapatan hanya diakui saat kas masuk. Tetapi beban tetap diakui saat terjadinya.

PERANAN KEUANGAN
Peranan keuangan dalam entitas adalah untuk membantu usaha-usaha yang dilakukan entitas secara keseluruhan dengan perampingan operasi sehingga anggaran(dana) tersedia tepat waktu dan keputusan dibuat lebih cepat.


Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga membantu J
Rabbi zidni ilman, warzuqni fahman ;)


No comments:

Post a Comment