Monday, January 21, 2019

Kasus Transaksi Akuntansi Obligasi

Assalamualaikum wr.wb
Haloo the readers... salam jumpa lagi dari saya hehe..
Ga kerasa sudah bbrpa lama ya sya ga post lagi disini hehehe...
Setelah post terakhir apa ya..?? Ohiya tutorial Siklus Akuntansi d excel ya ? Hehe.. dan sekarang Alhamdulillah mimin udh kuliah ni.. hehe ga berasa ya.. dan mimin mau berbagi ilmu lagi nih sdkit buat kalian..
Mengenai
AKUNTANSI OBLIGASI..
Nah jadi mimin mau ksh ilmunya ga d blog ini scra lgsung.. tpi melalui file yang udh mimin lampirkan d blog ini.. ada dbwah ini ya hehehe..
Jadi isi dari filenya itu ada kurleb lebih dari 5 kasus Transaksi Obligasi dan Akuntansinya.. apa aja tuh ya? Hehe ini dia ringkasannya
1. Pencatatan transaksi penerbitan obligasi pada harga nominal, pembayaran bunga kupon, penyesuaian bunga kupon sampai dengan penarikan/pmblian kembali obligasi tersebut
REVISI !!! : untuk sheet Kasus 1 : Total Cost of Borrowingnya hanya 144.000.000 (Bunga Pinjaman saja) tanpa pinjamannya yg 600.000.000
Kalau yang 744.000.000 adalah kas yang kita bayar
2. Pencatatan transaksi penerbitan obligasi di bawah harga nominal (dengan diskon) beserta perhitungan total biaya pinjaman (total cost of borrowing)
3. Pencatatan transaksi penerbitan obligasi di atas harga nominal (dengan premium) beserta perhitungan total biaya pinjaman (total cost of borrowing)
4. Transaksi pembelian/penarikan kembali obligasi pada harga di atas harga nominal/d atas harga carrying value (Untung/Gain)
5. Transaksi pembelian/penarikan kembali obligasi pada harga di bawah harga carrying value (Rugi/Loss)
6. Pencatatan transaksi penerbitan obligasi dibawah harga nominal (dengan diskon), tabel amortisasi diskon dengan metode garis lurus,  sampai dengan pembayaran bunga kupon beserta amortisasi diskonnya.
7. Pencatatan transaksi penerbitan obligasi di atas harga nominal (dengan premium), tabel amortisasi premium dengan metode garis lurus,  sampai dengan pembayaran bunga kupon beserta amortisasi premiumnya.
8. Pencatatan transaksi penerbitan obligasi dengan tingkat suku bunga tertentu, dengan adanya suku bunga efektif (dengan mencari present value untuk mndapatkan carrying value atas obligasi) , dan tabel amortisasi diskon/premiumnya dengan metode bunga efektif, beserta pencatatan bunga kuponnya dan juga amortisasinya
Nah itu dia kurang lebih gambaran kasus kasus yang akan saya bahas di file berikut ini.. penasaran gakk??
Oke langsung aja ya download linkmya dibawah ini..
Semoga bermanfaat..
Aamiin...
Sekiann
Terimakasih..
Wassalamualaikum wr.wb...
.
.
Rabbi zidni ilman warzuqni fahman :))
.
.

No comments:

Post a Comment