Thursday, August 6, 2015

PASAR OLIGOPOLI (Pengertian,Ciri,Sistem Harga,Peranan dalam Perekonomian)

PASAR OLIGOPOLI

A. PENGERTIAN
Pasar oligopoli adalah suatu pasar yang dimana terdapat beberapa penjual dalam pasar suatu produk tertentu. Kadang-kadang ada yang membedakan untuk pasar yang dimana hanya terdapat dua penjual saja, pasar seperti itu disebut dengan pasar duopoli. Sementara itu, pasar yang terdiri lebih dari dua penjual disebut dengan sebutan pasar Oligopoli. Atau definisi pasar oligopoli yaitu suatu pasar yang dimana penawaran satu jenis produk dikuasai oleh beberapa perusahaan. Biasanya jumlah perusahaan lebih dari dua, akan tetapi kurang dari sepuluh.
Pasar oligopoli ini dasarnya dibagi menjadi dua bentuk, diantaranya pasar oligopoli dengan diferensiasi produk yaitu produk suatu perusahaan dibedakan dari perusahaan lainnya. Dan bentuk yang lainnya yaitu pasar oligopoli tanpa ada diferensiasi produk. Produk yang dihasilkan oleh produsen bersifat homogen, serta tidak dibedakan dengan perusahaan yang lain. Di pasar ini perusahaan atau produsen dapat bersaing secara langsung, tapi dapat pula melakukan merger (penggabungan).

B. CIRI-CIRI
Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Perusahaan menghasilkan barang standar dan barang dengan jenis/corak beragam. Industri dengan barang yang berstandar merupakan industry yang menghasilkan bahan baku seperti produsen bensin, industry baja, semen, industri kimia, dan industry penghasil bahan bagunan. Selain itu beberapa perusahaan dalam pasar oligopoly menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda-beda seperti pada industry otomotif, industry sabun, industry telephon selular dan industry elektronik lainnya.
  2. Promosi melalui iklan secara terus-menerus. Perusahaan dalam pasar oligopoly yang menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda harus melakukan promosi untuk mengenalkan produknya pada pembeli. Perusahaan harus mengalokasikan dana cukup besar untuk Biaya promosi atau iklan ini. Tujuan promosi ini adalah untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Untuk perusahaan penghasil barang standar, biaya iklan relative lebih kecil dan pomosi bertujuan untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
  3. Hanya terdapat sedikit penjual, biasanya antara tiga  sampai dengan sepuluh yang menjual produk substitusi. Pasar oligopoli mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang atau cross elasticity of demand yang relatif  tinggi.
  4. Pada pasar oligopoli terdapat rintangan yang menyebabkan perusahaan lain sulit memasukinya. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
  5. Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain. kekuatan harga tergantung pada cara harga itu ditentukan. Jika harga bukan merupakan kesepakatan, maka kekuatan harga menjadi lemah. Ketika suatu perusahaan menurunkan harga, maka peusahaan lain akan cenderung melakukan penurunan harga pula. Ketika harga dibuat dengan cara kesepakatan antara perusaaan yang ada dalam pasar oligopoli, maka harga cenderung lebih kuat, tidak mudah untuk diturunkan oleh suatu perusahaan.

    selain itu ada ciri-ciri yang lain :
    • Pasar oligopoly hanya terdiri atas sekelompok kecil perusahaan.
    Dalam pasar oligopoly terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai penjualan dan di samping itu pula terdapat beberapa perusahaan kecil. Para perusahaan raksasa tersebut saling memengaruhi satu sama lain. Sifat ini menyebabkan setiap perusaan harus mengambil keputusan dengan hati-hati dalam mengubah harga, bentuk barang, corak produksi dan sebagainya. Sifat saling memengaruhi (mutual interpendence) ini merupakan sifat khusus dari pasar oligopoli.
    • Barang yang diproduksi adalah barang yang standar atau barang yang berbeda corak atau bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu. Barang yang diproduksi pada pasar ini ada kalanya merupakan barang yang standar misalnya pada industry penghasil barang mentah (baja dan aluminium) dan industry bahan baku (semen dan bahan bangunan). Selain itu pada pasar oligopoly juga memproduksi barang yang berbeda corak. Barang yang diproduksi adalah barang akhir seperti industry mobil, industry rokok, industry pesawat terbang, dan lain-lain.
    • Terdapat banyak pembeli di pasar
    Seperti pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli di pasar oligopoli sangat banyak.Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
     Adanya hambatan bagi pesaing baru.
    Perusahaan yang telah lama dan memiliki pangsa pasar besar akan memainkan peranan untuk menghambat perusahaan yang baru masuk ke dalam pasar oligopoly tersebut.
    • Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
    Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja (konglomerasi). Karena ada ketergantungan dalam perusahaan tersebut untuk saling menunjang. Contoh: bakrie group memiliki pertambangan, property, dan perusahaan telefon seluler (esia)
    • Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif.
    Untuk menciptakan brand image, menarik market share dan mencegah pesaing baru. Dalam pasar ini peran iklan sangat membantu peusahaan dagang karena iklan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat atau calon pembeli, oleh karena itu iklan terbukti ampuh dalam menarik perhatian calon pembeli yang ingin memilih barang-barang , dengan mudah perusahaan membuat iklan tentang produknya dengan keunggulan -keunggulan produknya dibanding produk perusahaan lain atau perusahaan pesaing.
    • Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
    Dalam pasar oligopoli ini mengapa dikatakan sulit dimasuki oleh perusahaan baru, karena image dari perusahaan yang sudah lama terbangun lebih kuat dengan pembeli di banding perusahaan yang baru muncul yang menawarkan barang yang sama namun pembeli atau konsumen tidak tau kualitas dari barang-barang yang dijual perusahaan baru tersebut
    • Harga Jual Tidak Mudah Berubah
    Dalam pasar oligopoli ini harga yang keluar tidak cepat naik atau turun, bisa dikatakan harga selalu stabil dan tidak mudah berubah, mungkin saja karena penjualan yang stabil terhadap suatu produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan sudah cukup menghasilkan keuntungan, namun apa bila tiba-tiba harga naik otomatis pembeli akan berfikir kembali untuk membeli produk ini dan bisa jadi pembeli beralih pada produk perusahaan lainya yang menjual varian yang sama namu harga lebih murah dengan kualitas yang hampir sama.


C. SISTEM HARGA
Struktur pasar oligopoli yang terdiri dari beberapa perusahaan saja membuat perilaku suatu perusahaan akan berpengaruh secara signifikan terhadap perusahaan lain. Akibatnya ada saling ketergantungan diantara perusahaan. Dibanding dengan pasar persaingan tidak sempurna pasar oligopoli cenderung menunjukkan persaingan yang lebih ketat. Pembentukan harga pada pasar oligopoli tergantung pada asumsi perilaku para pelaku pasar. Dengan demikian, pada pasar oligopoli rawan terjadi perang harga dianara perusahaan yang bersaing sehingga dalam batas-batas tertentu harga menjadi tegar (rigid). Meskipun biaya mengalami kenaikan ataupun penurunan, harga tidak berubah. Ketegaran harga ini dijelaskan oleh P. Sweezy.
Kemudian dengan asumsi suatu perusahaan menghadapi dua permintaan, maka pembentukan harga pada struktur pasar oligopoli akan terlihat seperti peraga berikut:
IMG_20140926_082757
Pada peraga diatas kurva permintaan (D1) dan MR1 menggambarkan ketika harga turun. Adapun kurva permintaan (D2) dan MR2 menggambarkan ketika harga naik. Misalkan kondisi awal yang dihadapi oleh seorang oligopolis terjadi pada harga P1 dengan jumlah barang Q1. Untuk meningkatkan penjualan menjadi Q2, ia menurunkan harga menjadi P2 dengan asumsi pesaing tidak ikut menurunkan harga. Kenyataannya, pesaing juga menurunkan harga sehingga penjualan hanya mencapai Q2. Sebaliknya jika perusahaan menaikkan harga menjadi P3, pesaing tidak ikut menaikkan harga sehingga penjualan berkurang menjadi Q3.
D. PERANAN DALAM PEREKONOMIAN
Pasar oligopoli juga memiliki peranan penting dalam perekonomian negara. Pasar oligopoli mendorong terjadinya diversifikasi produk yang lebih dewasa dengan pemanfaatan teknologi baru. Selain itu, pasar oligopoli juga mendorong setiap perusahaan untuk menemukan proses produksi yang lebih efisien. Dengan demikian akan tercipta perekonomian yang kreatif dan kompetitif dengan biaya produksi yang efisien.

semoga bermanfaat.. trim's
rabbi zidni ilman warzuqni fahman ;)

lihat juga >>>
Pasar Persaingan Sempurna  (pengertian,ciri,sistem harga,peranan dlm perekonomian)
Pasar Monopoli (pengertian,ciri,sistem harga,peranan dlm perekonomian)
Pasar Monopolistik (pengertian,ciri,sistem harga,peranan dlm perekonomian)

4 comments: