Thursday, August 6, 2015

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA (Pengertian,Ciri,Sistem Harga,Peranan dalam perekonomian)

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

A. PENGERTIAN
Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat kekuatan dari permintaan dapat penawaran yang dapat secara bebas bergerak. Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan. Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna. 

B. CIRI-CIRI
Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya sebagai berikut... 
  • Terdapat banyak pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga pasar. 
  • Banyaknya barang yang diperdagangkan bersifat homogen, artinya konsumen beranggapan bahwa barang-barang yang diperjualbelikan memiliki kualitas yang sama. 
  • Informasi pasar lengkap, artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui tentang mutu, harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan. 
  • Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran, artinya pembeli bebas mengambil keputusan untuk membeli atau tidak terhadap barang, begitu juga penjual juga memiliki kebebasan untuk menjual arang dan jasa. 
  • Bebas dari campur tangan pemerintah, artinya pemerintah tidak turut campur tangan dalam menentukan harga di pasar. 
  • Timbulnya kekuatan tersendiri di dalam pasar, artinya tidak ada kekuatan luar, baik pemerintah maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli. 
C. SISTEM HARGA (Pembentukan harga)
Pada pasar persaingan sempurna harga pasar cenderung stabil. Dengan demikian maka bentuk kurva pada pasar persaingan sempurna berbentuk garis lurus sejajar mendatar dengan sumbu jumlah barang. Berapapun jumlah barang yang dibeli atau ditawarkan tidak akan menaikkan atau menurunkan harga barang. Kurva tersebut merupakan kurva pendapatan rata-rata (AR) dan pendapatan marginal (MR)
kurva nya berupa gambar seperti ini
kurva permintaan dan penawaran pada pasar persaingan sempurna
Kurva keseimbangan pasar persaingan sempurna dapat digambarkan menjadi 2  macam. Pertama kurva keseimbangan yang menggambarkan perusahaan menghasilkan keuntungan maksimum dan kurva keseimbangan yang menggambarkan perusahaan mengalami kerugian minimum.
  1. Keuntungan maksimum
    Ada syarat dalam membentuk kurva keuntungan maksimum pada PPS (Pasar Persaingan Sempurna).
    1. Kurva AR=MR sejajar dengan sumbu 0Q.
    2. Kurva AC (Average Cost) selalu berada dibawah kurva AR dan MR.
    3. Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum (pada titik kurva AC yang terendah) karena pada saat itulah proses produksi terjadi efisiensi
.kurva keuntungan maksimum PPS
  • Harga terbentuk pada saat kurva MC memotong kurva MR, yaitu setinggi 0P1
  • Besarnya penerimaan total (TR) = 0P1AQ1
  • Besarnya biaya total (TC) = 0P2BQ1
  • Keuntungan maksimum sebesar P1P2AB
  1. Kerugian minimum
    Ada 3 syarat untuk membentuk kurva kerugian minimum pada PPS
  1. Kurva AR=MR sejajar dengan sumbu 0Q
  2. Kurva AC berada diatas kurva AR dan MR atau kurva AR dan MR berada di titik terbawah kurva AC
  3. Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum
  4. Sebelum memotong AC, kurva MC memotong kurva MR dan saat itulah menunjukkan produksi mengalami kerugian minimum.
kurva kerugian minimum PPS
    • Harga terbentuk pada saat kurva MC memotong kurva MR yaitu setinggi 0P1
    • Besarnya penerimaan total (TR) sama dengan 0P1AQ1
    • Besarnya biaya total (TC) sama dengan 0P2BQ1
    • Kerugian minimum sebesar P1P2AB
D. PERANAN DALAM PEREKONOMIAN
  1. Menjadi sarana bagi bagi seluruh produsen untuk memasarkan hasil produksinya dan siapapun boleh masuk ke dalamnya. Produsen pun sangat memahami keadaan pasar sehingga hanya produsen yang mampu bersaing yang akan memperoleh keuntungan.
  2. Menjadi sarana bagi semua konsumen dari berbagai kalangan untuk memperoleh berbagai kebutuhannya. Mereka telah mengetahui kebutuhan dan biaya yang harus dikeluarkan.
  3. Perekonomian negara menjadi lebih maju karena pasar persaingan sempurna meciptakan kondisi perekonomian yang kompetitif dengan melibatkan sebagian besar penduduk suatu negara.
  4. Harga pada pasar persaingan sempurna bersifat datum, artinya produsen tidak akan memengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Oleh karena itu harga yang terbentuk di pasar merupakan batas apakah produsen sudah bekerja secara efektif dan efisien dalam menekan biaya dan berproduksi secara optimal. Produsen yang berproduksi dengan biaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian. Adapun sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biaya seminimal mungkin sehingga dapat memproduksi dengan harga pokok dibawah harga pasar akan mendapatkan keuntungan. Jadi pasar persaingan sempurna akan mendidik masyarakat untuk melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke masyarkat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.

    Demikian dari saya... terim's smoga bermanfaat rabbi zidni ilman warzuqni fahman ;)

    lihat juga >>>>
    Pasar Monopoli  (pengertian,ciri,sistem harga,peranan dlm perekonomian)
    Pasar Monopolistik  (pengertian,ciri,sistem harga,peranan dlm perekonomian)
    Pasar Oligopoli  (pengertian,ciri,sistem harga,peranan dlm perekonomian)




No comments:

Post a Comment